Thursday 30 May 2013

Penulis Tamu Kedua #31harimenulis

pemuda-pemudi mana kini yang tak kenal dengannya. wajahnya santer terlihat di stasiun televisi suasta yang OKE. nama lengkapnya Karla Sekar Arum dan sering dipanggil Karla. kalau mau tau orangnya yang mana maka rajinlah bangun pagi lalu pergi ke burjo terdekat. jika beruntung anda akan melihat dirinya. Karla kini akan berbagi dengan #31 hari menulis tentang pekerjaannya yang  mungkin bagi beberapa orang adalah pekerjaan impian. 
cekidot !
(Derry Safrabbani)


Pekerjaan yang "Dahsyat" !
oleh
Karla Sekar Arum

HALO #31HariMenulis !

Looooooooooooong time no writing di blog.
Flashback setaun yang lalu, saya bikin agenda sendiri untuk menjalankan tekad #31HariMenulis. Sekarang, jangankan 31 hari menulis, sehari aja kayaknya susyeh. Huhuhu..

Baiklah.. atas permintaan dari Saudara Derry Nasution Bin Nababan yang meminta saya buat nulis lagi, akhirnya saya balik lagi nulis. Aih Derry....

Baiklah.. Kita mulai.. (Kretekin Jari-jari + kretekin leher) 
mari bobok eh Nulis..

Saya mau cerita tentang kegiatan saya saat ini, semenjak lulus kuliah Alhamdulillah saya terjun ke dunia entertainment eh salah broadcast maksudnya, yang ngurusin entertainment di tipik. Iya, saya kerja sebagai salah satu kreatif di stasiun televisi swasta yang beken dengan tagline OKE, sebut saja RCTI.

Sejak awal saya terjun ke televisi ini, saya pegang program musik lalala... yeyeye... salam hangat terdahsyat untuk seluruh keluarga Indonesia.. Iya dahsyat! Apa??? Dahsyaaaaaat.. Apaaaa?? DAHSYAAAAAAAAT!!!!

Dimulai dari live jam 7 pagi yang notabene saya harus standby di studio mulai jam 6 pagi dan selesai on air jam 9 pagi. Pagi hari dimulai dengan ngecek property buat live nya, terus cek artis yang udah dateng, brief host dan lain-lain. Yang paling bikin dagdigdug kalo artis pengisinya belom pada dateng, nah ituuuuuuu... langsung deh puter otak buat ngakalin. Ga jarang atau bahkan hampir selalu flow konten Dahsyat diobrak-abrik dan ga sesuai sama rundown yang udah ditentukan hihihi.. Tapi FYI keriweuhan saat live itulah yang bikin seru dan dinamis hehehe..

Sungguh bahagianya ya mulai jam 7 selesai jam 9 pagi.. Ulalaaaaa...
Jangan syedih saudara-saudara, karena setelah jam 9 pagi itulah pekerjaan yang sesungguhnya ada di depan mata. Awww...

Biasanya setelah jam 9 pagi itu, saya dan teman-teman kreatif Dahsyat mulai melakukan tugas sesuai dengan jobdesknya masing-masing untuk Dahsyat keesokan harinya, ada yang ngurusin property, wardrobe, gimmick, host, artis pengisi, rundown dan built in. Apa itu built in?? Built in itu adalah iklan.. Iya iklan yang suka ada di dahsyat. Dan saya adalah PIC untuk builn in. GLEK! Saya? Built In? Iklan? BETEK! Hahahahahaha...

Ntah kenapa saya ga tertarik sama sekali dengan bidang itu.. Tapi apa mau dikata setelah sebelumnya saya pegang wardrobe dan host yang saya suka banget, akhirnya saya harus juga belajar, ngerasain dan menerima tanggung jawab lain yang mungkin saya ga suka. Mari kita jalani dengan sebaik mungkin.

Tugas saya adalah meeting dengan klien, lalu bikin skrip iklan, bikin konsep iklan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan iklan di Dahsyat. Hmmm..
Tapi ga Cuma itu, saya juga dapet giliran buat bikin rundown. Nah kalo yang ini ribet tapi asik.. Ya namanya juga kreatif, harus bisa dong bikin rundown. Mulai dari mikirin konten secara bersama-sama dengan kreatif lain, terus ngitung durasi dan mikirin tata letak kontennya biar rating dan share seimbang dari awal sampe akhir acara.
Nah setelah segala urusan dan printilan buat Dahsyat besokannya selesai, baru deh bisa pulang dengan tenang untuk menyambut live dahsyat keesokan harinya. Iya “tenang” hihihi..
Nah ga jarang nih, saya harus bangun jam 3 pagi dan standby di kantor jam 4 pagi. 

APAAAA?? Jam 4 PAGIIIII?? Ngapain?? Sahur?? Imsak di kantor?? Solat subuh jamaah di kantor??

BUKAN!!
Buat bangunin host atau artis dahsyat. Hahaha..

Itu salah satu gimmick Dahsyat, bangunin host dan artis. Coba bayangin bangun pagi buta buat bangunin anak orang. Ga enak ya, kayaknya perjuangan banget buat cari duit.. Bukan.. bukan masalah cari duitnya yang dicari, tapi pengalamannya. Pengalaman yang ga semua orang bisa dapetin loh.. Serius..

Meskipun perjuangan buat bangun pagi, tapi pengalamannya bener-bener ga bisa didapetin di tempat lain. Coba siapa yang bisa masuk ke basecampnya JKT 48, kamarnya Ahmad Dhani, Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Kevin Aprillio, Princess, Giselle, Jessica Iskandar dan lain-lain? Ga sembarang orang loh.. Bukannya norak ya, tapi at least bisa nyuruh mereka-mereka itu buat ngelakuin hal-hal unik yang kita mau hahaha buat lucu-lucuan aja sih.

Di satu sisi juga jadi lebih kenal dan tau kebiasaan mereka-mereka yang ga semua orang tau.

 Asik kan.. 

Belum lagi pengalaman-pengalaman lainnya, kayak dateng ke persidangan (waaaw bukan sidang cerai tapi, amit amit), wawancara pengancara terkenal, ketemu dan bisa ngobrol langsung sama artis Internasional, bisa ngobrol jarak ga nyampe semeter sama artis favorit, dan banyak hal lainnya, seru deh..

Ketemu sama orang-orang terkenal dan kenamaan itu adalah satu bonus dari banyak bonus lainnya, yang pasti saya bisa dapet banyak banget pengalaman kerja di berbagai bidang dan dapet banyak link! Itu penting hehehe..

Intinya kerja di tv itu menyenangkan, kalo memang kita suka dan bisa tahan ‘banting’. Dan Dahsyat, walaupun (katanya) acara musik alay (yang saya sendiri ga pernah nontonin sebelumnya) tapi itu adalah salah satu program dimana saya bisa dapetin semuanya J


MAJU TERUS MUSIK INDONESIA! :3

1 comment:

  1. Karla, blog kamu bagus. Inspirtif buat semangat anak muda. Meski aku cuma numpang lewat di built in tapi klo PIC Dahsyatnya kayak kamu bakal banyak iklan yang mau masuk. Hehehe.. Behind de scene. Sukses ya. Salam hangat terdahsyat^^

    ReplyDelete