Friday 20 May 2011

Demi Arsip #31harimenulis

Masalah arsip mengarsip menjadi masalah besar bagi kita di negeri ini. Sudah banyak contoh mengenai bagaimana buruknya arsip mengenai banyak hal di negeri ini. Karena kata orang bijak belajarlah dari kesalahan maka admin #31harimenulis (yang juga sering lalai dalam arsip mengarsip) mencoba untuk mengarsipkan program yang akan berjalan sampai 31 Mei mendatang.
Maka admin memiliki dua buah rencana berikut ini:

  1. Menerbitkan ebook tulisan pilihan dari program ini. Admin merasa bahwa ebook adalah cara paling sederhana, murah dan efektif untuk menyebarkan kegiatan menulis ini. Maka dari itu menerbitkan ebook adalah sebuah pilihan yang perlu kita lakukan agar kegiatan ini tak cuma jadi sesuatu yang berharga di Bulan Mei ini, tapi juga bisa terus kita baca bulan depan, tahun depan atau bahkan dekade depan (sedikit berlebihan :D boleh kan)
  1. Mencetak buku bagi yang ingin memesan. Di  profile twitternya, Intan Reza si pacarnya Imam Solihin mendeskripsikan dirinya dengan, “Lonesome dreamy girl, ordinary book worm who better love books than e-books”. Ada bagian penting disitu, “who better love books than e-books”. Memang bentuk fisik sampai kapanpun takkan bisa mengalahkan yang maya. Pernah denger ucapan ini, “Kebanggaan seorang penulis bukan saat tulisannya dibaca di layar komputer, tapi dibaca sambil dipegang,” kata Fajar Pratama, lulusan Komunikasi UGM 2005 yang kini menjadi seorang wartawan olahraga. Untuk mengakomodir hal itu maka admin juga akan mencetak buku. Namun karena yang fisik memerlukan uang, maka jumlah buku  dibuat sesuai dengan jumlah orang yang ingin memesan buku. Admin belum tahu berapa harga bukunya karena tentunya akan disesuaikan dengan banyak hal. Namun admin rasa tak perlu membuat buku yang mahal-mahal amat, yang penting kan fungsinya. Bagi teman-teman yang tertarik bisa mengirim pesan (pesan ya teman-teman, bukan mention) ke @31harimenulis di twitter atau mengirim pesan ke facebook admin 2  (Ardi Wilda).

Maka terkait dengan dua hal diatas, admin meminta para peserta #31harimenulis untuk melakukan beberapa hal berikut ini.  :
  1. Setiap  penulis diminta memilih lima nominasi tulisan yang menurut si penulis merupakan tulisan terbaik dari blog mereka selama bulan Mei. Dari lima tulisan yang dikirimkan maka juri akan mengkurasi (memilihnya) hanya menjadi satu tulisan terbaik untuk setiap orang. Sehingga di ebook (dan buku) akan ada 34 tulisan yang terhimpun dari para peserta. Juri dan dibantu admin juga akan memilih postingan terbaik yang berhak mendapatkan satu buah buku. Peserta melakukan pemilihan tentunya setelah program ini selesai. Jadi tak perlu dipikirkan sekarang.
  2. Setiap peserta diminta mengirimkan pas foto dan informasi mengenai dirinya ke admin untuk disertakan di ebook. Mengapa perlu? Sebab setiap buku yang berupa kumpulan tulisan orang-orang pasti akan menyertakan data diri mengenai siapa saja penulisnya. Hal ini penting selain untuk arsip juga untuk mengetahui lebih dalam latar belakang si penulis.
    Format informasi diri mengenai penulis misalnya seperti ini:
Ardi Wilda adalah lulusan Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Selain menulis untuk Jakartabeat.net, ia adalah kontributor majalah Rolling Stone Indonesia versi online. Keinginan terbesarnya adalah memiliki Taman Kanak-Kanak dan menonton Blur saat mereka konser di Wembley Stadium.
Tak mesti seperti itu sih, tapi setidaknya memuat nama lengkap (wajib), aktifitas anda dan hal remeh temeh lain yang teman-teman rasa penting. Dibuat dalam tiga sampai empat kalimat saja. Kalau mau menuliskan hal remeh temeh semua juga tidak apa-apa kok.
Kalau untuk poin dua ini bisa dikirimkan ke ardiwilda@yahoo.com mulai dari sekarang.

Atas bantuan teman-teman admin ucapkan banyak terimakasih. Siapa  tahu dengan arsip dan pendokumentasian ini akan ada program #31harimenulis lagi di tahun depan yang digagas oleh adik-adik  kita, doakan saja.

No comments:

Post a Comment