Wednesday, 10 June 2015

Review Peserta #31 Hari Menulis (2)

Hai, hari ini #Rabugaul terakhir sebelum Ramahdan lho, buruan gih puas-puasin :p
Selang beberapa hari kini Bang Wiro akan meluncurkan post selanjutnya yakni review peserta #31HariMenulis. Seperti postingan sebelumnya, semua ini adalah tulisan tangan selir-selir Bang Wiro yang lembut karena memakai Rinso.

Dari statistik badan riset Bang Wiro kini banyak peserta yang masih aktif kuliah ketimbang tiga edisi #31 Hari Menulis sebelumnya, fikiran mereka masih genuine, belum terkotori oleh kegalauan akademis dan kehidupan sehingga karyanya sip sip sekali. ah cinta pokoknya ~

Baiklah ini dia :)



Dzikri Sabillah
Saat membaca blog ini, rasanya penuh, padat berisi, dan nikmat seperti Sari Roti isi krim kacang. Beberapa tulisannya menceritakan kegiatan yang sedang dilakukannya. Bukan dalam bentuk curhat, namun menceritakan secara umum, seperti artikel. Cara bertutur yang rapi membuat saya tenggelam dalam tulisannya. Menyenangkan untuk dinikmati. Jadi tidak mau meninggalkan blognya terlalu lama. Ah, yuk baca lagi

GORA
Gora sudah beberapa kali menjadi sasaran empuk kapak Bang Wiro, tapi dia nggak gampang menyerah. Walaupun kayak gitu, Gora ini nulisnya selalu niat, nggak cuma sekalimat dua kalimat biar nggak didenda haha. Dibuka dengan tulisan "Epilogi Ante Mortem", tulisan Gora sudah membuat penasaran. Pada akhirnya tulisan Gora akan membuka matamu sama hal-hal kecil yang sebenarnya penting, belajar untuk jadi sensitif dan terbuka di lingkungan sekitar. Coba dibaca waktu kamu udah penat akan hidup dan bingung mau kemana. Mungkin tulisan Gora bisa membukakan jalan.

BAHARRUDIN
Tulisan Bahar ada yang berkisah mengenai pengalamannya. Namun nggak cuma hal cetek yang hari ini ngapain atau sebagainya. Cerita Bahar banyak yang ada moral value-nya. Tulisan Bahar pun ada yang tentang perempuan. Coba dibaca dulu, bahasannya sih apik. Blog bagaikan portal search engine bagi Bahar, memuaskan dahaga dia untuk mencari tahu sesuatu dan melaporkannya. Enak buat antisipasi kalau kamu belum terlalu memikirkan segi kecil dari hidupmu.

AEF ANAS
Aef menulis apa yang dirinya alami hari itu, dan pengalamannya bisa diikuti kontinyu. Kalau hari ini ia mengamati dua kelompok berdiskusi, kemarin dia berceloteh tentang hari Rabu-nya yang ajaib, maka besok ia bisa sedikit berkomentar tentang novel maupun pemikiran seorang tokoh. Ajaibnya, tulisan Aef ini bisa menjadi sumber baru pemikiran kita pula. Out of the box, Aef mudah mengeksekusikannya dalam tulisan.

Siska Purba
Awalnya cerpen-cerpen kritis dengan bahasa yang filosofis................terus, banyak juga postingan dengan bahasa yang sangat puitis juga  lalu  juga ada postingan dengan kata-kata yang puitis dengan metafora yang lumayan langka seperti ‘empeduku’, wah mungkin mbak Siska perlu juga kapan-kapan cerota tentang inspirasi tulisan. Sepertinya mbak Siska Purba ini seorang yang pemikir(?) dan juga sepertinya meluangkan waktu untuk bisa konsisten menulis. Konsisten menulis, hebat sekali mbaknya.

Dian Christianty
Pertama-tama saya dapat meramal dan menebak kalau mbak Dian ini adalah orang yang pandai berbahasa inggris. Lalu saya tebak lagi mbak Dian ini peduli da menyayangi sesama. Selain itu sepertinya mbak Dian ini juga suka membantu, memberikan informasi-informasi yang sangat berguna bagi para pengunjung log.  Kalau saya boleh soktau, mbak Dian ini juga sukanya menyentil isu-isu yang dekat masyarakat, terlebih khususnya dekat dengan dirinya sendiri.

Danastri Rizqi
Kemampuan dan ketertarikan terhadap visual terlihat dari postingan Danast Rizqi, karena hampir setiap post-nya diselipkan gambar. Mencari gambarnya pun pasti niat sekali ini karena gambar-gmbarnya itu pun macam-macam ala tumblr atau instagram hits gitu.  Tulisan-tulisannya simpel tapi angat mengena di hati:)

Wiwik Pertiwi
Melihat banyak blog, mungkin blognya mbak Wiwik ini termasuk theme blog yang cukup diminati oleh khalayak muda. Bermacam-macam rupa isinya. mulai dari cerpen, puisi, catatan pengalaman, foto-foto, dan bahkan ada jga artikelnya loh! Ada juga pengertian kata-kata versi Mbak Wiwik. Btw, keren sekali KKN di Papua, sukses perjalanan dengan WIT nya ya mbak Wiwik!

Riza Adrian
Terobosan yang luar biasa dari Riza adrian! Mbaknya ini pasti nax kom ngets. Melihat koran kuning dari perspektif lain yaitu 'mendidik'. Mbak Riza ini coba menelisik bagaimana judul-judul yang fenomenal dan konten berita yang hiperbol ini seharusnya bisa membuat masyarakat kritis, cerdas, dalam melihat suatu berita, bukannya melakukan men-judge suatu berita berdasarkan headline! Melihat beberapa tulisan dengan imajinasi yang agak liar mungkin waktu menulis mbaknya sedang siklus hari ke-14 ya? #nahloh. Semangat terus buat mbak riza dan partner bombastisnya! Anda rhuarh bhiashaa

Hanifa Eka
Melihat segala sesuatu yang terdekat lalu meramunya dalam bentuk tulisan melalui sudut pandang seorang Hanifa Eka. Entah tulisan tersebut dituangkan dalam bentuk fiksi atau nonfiksi, eksplisit atau implisit dan biasanya diilhami dari hal-hal yang baru2 terjadi, ya kan ya? Hoho. Menurut penerawangan, Mbak Hanifa Eka pasti merupakan seorang pemerhati yang baik dan juga pemikir. Semoga setelah 31 Hari Menulis ini akan konsisten terus menulis yhaaaa! 

Addinta Bunga

Raisa kemanaaaa?! Awalnya heran-heran penasaran gitu kemana per-Raisa-an ini akan dibawa.....lalu raisa mulai hilang dan mbak Addinta mulai banyak membahas konsep pertemanan, persahabatan, yah sedikit diselingi curhat dan cerpen mengenai selingkuhan(?) Btw Raisa ini sebenarnya siapa?? Apakah tokoh fiktif atau bukan....Bang Wiro butuh kepastian.

Dian Indri
Pemilik akun blog The Journey. Isinya bukan tentang perjalanan sunggokong mencari kitab suci kok, tenang saja. Kontennya macem-macem, ada daily life, fiksi, opini dan travel. Suka membawa tamu dalam blognya, seperti memancing bang wiro untuk melakukan hal yang sama.

Memed Junandika
Sesuai judul blognya: “I am Junandika and I do talk (a lot) about sport”, sudah bisa ditebak kalau kontennya konsisten membahas tentang dunia olahraga. Sepertinya orangnya juga konsisten dan setia, sangat cocok dijadikan teman hidup. Boleh juga direkomendasiin jadi komentator bola. Atau bisa membuat liputan sea games. Direkomendasikan untuk pecinta liverpool. YNWA!

Hamida Tahira
Pemilik blog dengan template bernuansa ungu. Mungkin cliquers? Bukan ya? Suka bikin cerpen romantisme. Sepertinya orangnya juga romantis. Diduga sangat selo sampai sempet bikin tutorial DIY di blognya. Lumayan kalau diteruskan barangkali bisa dibukukan di DIY project Bentang Pustaka.

Gusti Arirang
Suka nulis cerita-cerita random yang diambil dari pengalaman hidupnya yang random. Mungkin efek dari kebanyakan brainstorming (?) Semoga saja orangnya tidak random. Suka menulis sesuatu dari prespektif si doi sendiri yang membuat pembacanya mendapat insight baru, meskipun random. NO no, its oke..

Diah Puspita
Diduga punya keturunan Chairil Anwar, karena sering memakai bahasa-bahasa yang puitis dan bahasa-bahasa metafora dan peribahasa lainnya. Diduga waktu SMA dulu nilai Bahasa Indonesianya dapat 9.

Seila Rezcan
Kalau RCTI punya Catatan Hati Seorang Istri, maka Seila Rezcan tidak mau kalah dengan Catatan Harian Zalina Cares. Barang kali tahun depan bisa di-sinetronkan di RCTI. Sesuai dengan judul blognya, isi tulisannya berupa curahan hatinya setiap hari yng dikemas ke dalam cerita-cerita bergaya novelis.

Ajeng Devita
Pemilik akun tumblr Hell-o Yellow. Sedang melakukan penelitiann untuk skripsi di purbalingga, jadi tulisannya jadi seputar tentang kegiatannya di Purbalingga. Baginya tumblr adalah catatan etnografi. Gaya tulisannya ringan. Bahasannya juga ringan. Mungkin orangnya ringan tangan (?)

Sarah Karinda
Apapun ceritanya, sebagian besar berakhir dengan sendu dan rindu. Ada banyak cara memaknai hidup termasuk rindu kalau membaca blog mbak Sarah ini. Tenang mbak Sarah, “Seperti Dendam Rindu Harus Dibalas Tuntas,” kalau kata Eka Kurniawan, jadi teruslah merindu sampai terbalas hehe :))
Btw mbak, saya jadi pengen pasang tahi lalat palsu di jidat kalo gitu.

Army Ramadhan
Tulisan mas Army cukup mengejutkan dan penuh misteri. Di manakah itu ada penjual ketoprak jam tiga pagi? Aku khawatir itu penjual ketopraknya bukan manusia sungguhan. *salah fokus*

Ayu Fivelia
Seolah salju yang terus turun di blognya, tulisan Ayu mengalir membawa kebahagiaan yang (mungkin) sedang ia rasakan. Romantis di mana-mana. Duh senangnya punya kisah asmara membara menggelora bak batu bara. Tidak tahu juga sih, siapa yang diceritakan di blognya.

Ika Septia
Kenapa temanya perempuan saya juga nggak tahu. Nampaknya ia hanya butuh lelaki, tapi sayang terlalu sering bersama perempuan. Semoga suatu hari postingnya jadi #lelaki. Laki!


Jeki
Aku sedikit terperangah dengan tulisan yang berjudul jek, bapakmu kawin lari! Ternyata bukan sungguhan. Jeki banyak menceritakan kehidupan sehari-hari dan peristiwa yang ia alami, serta obrolan para lelaki.

 Zaza
mmm ada beberapa puisi pada blog ini, cukup baper membacanya. Zaza sering kali juga menggunakan gaya bahasa yang puitis dalam bercerita. Dia juga banyak bercerita tentang ukm yang ia ikuti, peristiwa yang ia alami dengan ukm tersebut.

Nisa
Nisa banyak membahas tentang pelajaran hidup, entah yang ia dapatkan dari buku atau yang ia alami sendiri. Ia menjelaskan atau mempertanyakan tentang kehidupan dan peran kita dalam kehidupan.

 Alifah Farhana
Sungguh, saat membaca tulisannya serasa terkena kepuitisan dari tiap kata yang ia sungguhkan. Banyak pertanyaan-pertanyaan kehidupan yang ia paparkan. Sepertinya dia sanggat niat mengisi tulisan-tulisannya untuk 31hari menulis karena tulisannya panjang-panjang, prok prok.

Dewi
Membaca tulisan dewi begitu menyenangkan banyak fiksi dan puisi, dipenuhi dengan niat karena cukup panjang-panjang, tulisan indah nan puitis, ditambah lagi foto atau gambar yang pas dengan tulisannya, komplittt :))

No comments:

Post a Comment