Saturday, 2 May 2015

#31 Hari Menulis 2015.

Dua tahun lamanya tertunda saatnya kita mulai lagi pencarian BLOGGER TERANGKER KOMUNIKASI UGM. Membawa semangat yang sama saat pertama kali diadakan, yaitu menulis bisa membuat kita kaya ! tanpa ikut seminar dan tanpa investasi beresiko.

Tentu ingat  buku semester satu yang pernah kita dapat di kelas "Dasar-Dasar Penulisan"

"Tulis Saja, Kapan Lagi?"

#31 Hari Menulis semacam melanjutkan apa yang pernah kalian baca (kalau pernah) di buku tersebut. Untuk yang belum punya blog atau media lain untuk menulis, maka ini saatnya untuk memulai...
dan untuk yang sudah mempunyai blog maka kini saatnya belajar konsisten kembali menulis tanpa putus selama 31 hari.


sedikit mengutip dari blog www.ardiwilda.com.

"Menulis kerap dipahami sebagai kegiatan berat yang memusingkan. Kadang tulisan dikaitkan dengan keabadiaan seperti yang diucapkan Opa Pramoedya. Seberat itukah? Bisa jadi iya, tapi hidup saja sudah berat mengapa perlu mencari yang berat-berat. Bagi saya menulis adalah sebuah terapi dan sarana bermain, saat menghasilkan sebuah tulisan saya seperti sedang bercermin, “Wah ternyata gw gini ye orangnya”. Sesederhana itu"

kira-kira begitu..

semoga paham dan silahkan dipahami.

Perhelatan ini khusus Komunikasi UGM, mengapa hanya Komunikasi UGM saja ? Karena jika diadakan antar RT akan menjadi sangat rumit, maka cukup jurusan kita tercinta ini saja yang mana akan menimbulkan rasa saling tahu dan paham satu sama lain lewat tulisan kita sendiri. Selain itu juga, jadi lebih gampang untuk nagih dendanya :p

Dari perhelatan ini pula sering muncul saling perhatian satu sama lain. saling mengingatkan..

"eh udah nulis belom lo ?"

ah sungguh romantis...


Berikut ini adalah teknis penyelenggaraan


Peraturan
1.  Peserta adalah mahasiswa Komunikasi UGM angkatan 2006-2014
2. Dalam satu hari peserta minimal mengupload satu tulisan ke blognya ataupun note facebook (maaf twitter tidak dihitung). Tema tulisan boleh apapun, curhat atau ilmiah sama saja.
3. Postingan boleh berupa apa saja, boleh tulisan, gambar, foto atau apapun. (untuk foto / gambar baiknya diberikan narasi agar lebih ciamik)
4. Setiap postingan jangan lupa diberi tanggal dan diberi tagging #31harimenulis
5. Akan dipilih seorang pemenang yang dinobatkan sebagai “BLOGGER TERANGKER KOMUNIKASI UGM” *untuk hadiah pemenang lihat di bagian hadiah pemenang*
6. Jika dalam satu hari peserta tidak menulis maka dikenakan denda Rp 20.000 per harinya. Misalnya peserta tidak menulis di tanggal 3, 17 dan 21 yang berarti total tiga hari tidak menulis maka dendanya Rp 20.000 X 3= Rp 60.000
7. Total denda akan diberikan pada pemenang. 25% dari total denda yang diberikan pada pemenang akan disumbangkan untuk kegiatan sosial, terserah si pemenang mau disumbangkan kemana.


Penentuan pemenang
1. Pemenang ditentukan dengan melihat siapa yang paling sedikit bolong dalam menulis (konsistensi)
2. Jika misalnya ada dua peserta yang memposting 29 tulisan (2 hari tidak menulis) maka pemenang ditentukan oleh seorang juri berdasarkan kualitas postingannya. Jurinya menyusul yak.
3. Keputusan juri mutlak, kecuali jurinya lagi mabuk, namanya juga manusia.

Hadiah Pemenang
1. Pemenang akan dinobatkan sebagai “BLOGGER TERANGKER KOMUNIKASI UGM”
2. Pemenang akan mendapatkan uang total semua denda peserta yang tidak menulis. Ingat ini bukan taruhan lho, disini konsistensi dan kualitas tulisan juga dilihat. Taruhan tak memandang usaha dan kerja keras, disini ada kerja keras untuk menang.
3. 25% dari total hadiah yang diterima pemenang harus disumbangkan.
4. Peserta akan mendapatkan hadiah Baju dan pin bertuliskan “BLOGGER TERANGKER”

Peraturan ini di copas dari tahun ke tahun dengan sedikit perubahan.

Untuk tanggal penyelanggaraan dan pembukaan pendaftaran akan dilakukan secepatnya, tapi masih bulan Mei kok semoga...


Mari bersiap, lemaskan jemari dan pikiran..
Mari menyongsong #31 Hari Menulis untuk menjadi yang TERANGKER DI KOMUNIKASI UGM.

No comments:

Post a Comment