Monday 3 June 2013

Penulis Tamu Ketiga #31 hari menulis

sang penulis tamu ketiga tidak berasal dari UGM dan tidak berasal dari Yogyakarta. nama lengkapnya ialah annisa sharafina. dia adalah mahasiswi semester 4 jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. tapi dia gak akan bicara tentang keadaan ekonomi Indonesia dan ekonomi kreatif. walau kadang bau keringat, annisa yang biasa dipanggil icha sangat mencintai dunia ini. yaitu olahraga. yak betul ! icha akan share ke kita tentang perjalanannya dalam membela negara dibidang olahraga. (Derry Safrabbani)


Bela Negara
oleh 
Annisa Sharafina

yg pertama terbesit di pikiran gw ttg bela negara itu wajib militer, masuk tni, dan ikut perang. tapi bela negara ternyata ga selalu ttg itu. menurut gw, bela negara merupakan salah satu wujud kecintaan kita terhadap tanah air. Lagipula bela negara itu kan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. bela negara itu sendiri banyak juga contoh dan bentuknya.

Gw, sebagai warga negara Indonesia, juga pengen bisa melaksanakan kewajiban sekaligus hak gw itu. Gw sempet berpikir, kira2 apa yg bisa gw lakuin buat Indonesia sebagai wujud bela negara.. Biasanya, sebagai pelajar & mahasiswa, kita cukup mewujudkan bentuk bela negara dengan belajar yg rajin dan taat pada hukum yg berlaku. Tapi bagi gw sendiri, rasanya itu aja belum cukup.

Alhamdulillah, gw dikasih kesempatan untuk mewujudkan bela negara dengan bentuk yg lain. Sejak bergabung di Perkumpulan Hoki UNJ, karir gw menjadi seorang atlet kampus rupanya menunjukkan grafik yg positif. Baru setahun lebih bergabung, tapi gw bersyukur udah banyak bgt pengalaman dan prestasi yg gw dapet.



Dlm kasus gw, bela negara adalah mengharumkan nama bangsa dengan mewakili Indonesia di ajang pertandingan olahraga hockey. Gw merasa bangga bgt bisa menjadi bagian dari tim nasional Indonesia. Jadi tgl 16-18 Mei lalu, tim putra & putri UNJ mendapatkan kesempatan utk mewakili Indonesia di event sukmalindo 2013 di bandung. Jadi tim gw tanding melawan mahasiswa dan mahasiswi yg juga merupakan pilihan perwakilan dr universitas2 di malaysia. Pemilihan tim pun harus melalui seleksi. Kebetulan, tim putra&putri UNJ baru saja menjadi juara umum di KHRM piala menpora akhir april lalu, hal itu menjadi parameter dlm seleksi juga. Walaupun cuma pertandingan persahabatan utk festival, tapi tentu saja kita tdk bermain asal2an. Kita tetap latihan keras, dan berusaha menampilkan yg terbaik karena kita bermain tdk lagi membawa harga diri kita sendiri atau nama kampus, tetapi nama bangsa.

Gw bangga bisa membela tanah air melalui kesempatan ini, bangga bgt. Ga semua orang dapet kesempatan kaya gw, makanya setiap kesempatan yg ada gw selalu melakukan semaksimal mungkin.

Tahun 2012 lalu, di event Kejohanan Dewan Terbuka UPSI di malaysia, gw dapet kesempatan utk menjadi bagian dr tim utk ikut bertanding disana. Itu pengalaman pertama gw bertanding di negeri orang. Dan hasilnya pun cukup memuaskan. Tentu saja ini salah satu pengalaman yg sulit utk dilupakan, karena begitu banyak pelajar & cerita yg didapet. Melihat cara bermain orang2 malaysia, dan bisa bermain dgn mereka merupakan hal yg sangat menyenangkan.



Sekarang, gw dikasih kesempatan yg lebih besar lagi. Awal tahun 2013 ini, gw dipanggil utk mengikuti seleksi nasional cabor hockey field utk sea games 2013 di myanmar. Dan ternyata lolos. Gw sekarang lg giat2nya di pelatnas, karena waktu utk sea games tinggal 6-7bulan lagi. Indonesia mengirim perwakilan lagi (hanya tim putri) setlah 13th absen. Tentu gw bangga bgt bisa dikasih kesempatan ini.

No comments:

Post a Comment