Thursday 12 May 2011

Klasemen Sementara Blogger Terangker

Tak terasa sudah lebih dari sepuluh hari program #31harimenulis berjalan. Banyak suka duka telah terjadi dalam program ini (berlebihan nek iki). Alhamdulillah program bisa dibilang lancar, teman-teman masih perhatian dan sering posting tulisan dalam rangka mengikuti kompetisi sangar ini. Sambutan dari penulis tamu juga semakin banyak. Terhitung sudah ada empat penulis tamu yang mengantri untuk menulis, tentu animo tersebut sangat membahagiakan tiga admin #31harimenulis yang ganteng dan cantik. 

Tiga admin (Awe, Gorgom serta Ijah Imut) dan juri kompetisi ini yakni Kakak Pulung Uci pun berinisiatif untuk mengupdate klasemen blogger terangker setiap  sepuluh hari sekali. Tujuannya sederhana yakni agar teman-teman termotivasi untuk terus menulis (dan tentu mendapatkan hadiahnya), sekaligus memberikan kontraprestasi dan penghargaan bagi peserta yang kami rasa usahanya patut diacungi jempol selama sepuluh hari ke belakang. 

Kriteria tiga orang yang bisa lolos untuk menempati klasemen sementara blogger terangker pertama adalah masalah konsistensi. Mereka yang masuk dalam klasemen harus sekali lagi harus tak pernah bolong posting, konsistensi kata kuncinya. Setelah konsistensi hal yang dinilai berikutnya adalah soal isi dan keunikan dari postingan yang dihadirkan oleh para peserta. Menjadi berbeda itu istimewa bukan? Klasemen ini sendiri adalah klasemen putaran awal, jadi bagi yang masuk jangan senang dulu karena masih bisa dibalap oleh peserta lain di waktu-waktu mendatang. 

Selain mengumumkan tiga besar peringkat sementara blogger terangker, juga akan ada dua  penghargaan khusus dimana satu diberikan juri dan satu lagi diberikan oleh admin. Oke tak perlu berlama-lama, inilah klasemen sementara Blogger Terangker program #31harimenulis:

Penghargaan Khusus dari Admin untuk Peserta Terasoy Geboy (Sementara):
BINAR
Tak banyak peserta #31harimenulis yang memiliki tema khusus dalam tulisannya. Binar membuktikan kalau berkeliling dunia bisa dilakukan lewat tulisan. Dengan konsep sederhana namun mengena ia mereview 31 negara dalam satu bulan. Sebuah hal yang tadinya admin anggap kurang kerjaan, tapi setelah  dibaca, maka decak kagum dari mulut ini tak bisa terbendung. Sebuah tulisan sederhana dan penuh makna. Sesuai namanya, Binar membuat setiap tulisannya berbinar di hati pembaca.

Penghargaan Khusus dari Juri untuk Peserta Disiplin dan Rajin Posting
Bila anda pagi-pagi membuka twitter dan melihat twit dari calon suami Diani ini maka anda akan iri. Setiap pagi atau bahkan saat matahari belum terjun di ufuk timur dia sudah memposting tulisan untuk program #31harimenulis. Tentu hal itu membuat iri kita yang bahkan menjelang jam 12 malam saja masih bingung mencari ide tulisan. Namun kita harus belajar dari Aldi, disiplin dan sikap rajinnya untuk posting perlu diapresiasi.

Blogger Terangker Peringkat #3
Komentar Juri: Penghargaan untuk visual gift dan orisinalitasnya
Sebenarnya apa makna komunikasi bagi anda? Coba tanyakan hal ini pada Ojan, bisa jadi ia akan menjawab dalam perspektif lain. Komunikasi bukan soal pesan tapi juga soal medium. Ojan membuktikan hal itu dalam proyek pribadinya di #31harimenulis. Saat orang lain sibuk mencari ide tulisan bisa jadi Ojan malah sibuk mencari pola visual yang cocok untuk diposting hari ini. Ya Ojan sedang menulis lewat bahasa visual, ia satu-satunya peserta yang menggunakan medium visual untuk berbicara mengenai banyak hal. Tak perlu membuka buku Marshal McLuhan untuk memahami medium komunikasi itu penting, cukup buka blog Ojan maka kita akan belajar mengenai hal itu.

Blogger Terangker Peringkat #2
Komentar Juri: Penghargaan untuk menulis dengan super randomnya
Jika anda sedang tersesat di jalan mungkin anda bisa menghubungi Cucum. Bukan, bukan untuk mencari mana jalan yang benar, tapi untuk lebih tersasar lagi. Terkadang sesuatu yang ngawur, random dan spontan itu malah menarik untuk diikuti ketimbang sesuatu yang terkonsep. Cucum berhasil menggabungkan kedua hal itu, ia memposting secara random beragam hal namun bisa jadi ia menempatkan kerandoman sebagai konsep menulisnya. Pada akhirnya kita menikmati sebuah gaya tulisan yang random namun sangat terkonsep, anda bingung? Ya saya juga bingung, ini membuktikan kalau randomnya Cucum berimbas kepada saya.

BLOGGER TERANGKER NOMOR SATU!!!
Komentar Juri: Penghargaan untuk satu-satunya penulis fiksi yang konsisten
Damar melampaui ekspektasi admin dan juri dalam dua hal. Pertama soal konsistensi dan yang kedua meengenai konsep menulis yang kuat. Soal konsistensi tak perlu diragukan lagi Damar tak pernah bolong dan selalu tepat waktu. Yang kedua dan ini yang lebih superior dan membuat admin bergidik karena konsep karyanya yang gahar. Di saat banyak orang lain kehilangan ide menulis, Damar malah membuat cerita fiksi berseri untuk proyek #31harimenulis. Tak perlu banyak berkata-kata lagi, di putaran pertama ini Damar berhak menyabet gelar BLOGGER TERANGKER. Namun jangan tinggi hati dulu Adik Damar, masih ada puluhan hari lagi yang semakin kompetitif. Dan tentu saja anda kini menjadi public enemy numero uno peserta lain karena gelar sementara yang anda dapatkan ini.

Intinya admin dan juri mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan sementara di program #31harimenulis. Admin dan juri yakin komposisi ini akan terus berubah seiring waktu. Salam hangat dari admin dan juri, selamat menulis kawan.  

No comments:

Post a Comment